Sabtu, 13 Oktober 2012

Naikkan Trombosit dengan Daun Ubijalar

            Penyakit dengan ciri khas trombosit turun yaitu penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue) yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti.Virus Dengue yang masuk kedalam tubuh manusia menyerang monosit-salah satu tipe sel darah putih-yang berperan membangun kekebalan tubuh Biasanya nilai trombosit bagi penderita bernilai dibawah 150.000 (nilai normalnya 200.000 - 400.000).Jika jumlah trombosit berkurang mudah terjadi pendarahan, bahkan kematian.Penderitapun mengalami renjatan alias syok.Syok akibat merosotnya jumlah trombosit perlu sesegera mungkin ditangani, itu kunci menghindari kematian.Konsumsi garam isotonik atau larutan ringer asetat hanya mengganti volume plasma yang hilang. Bukan mengobati penyebab utama trombostapenia alias gangguan fungsi trombosit.

                                                                    Daun Ubijalar

           Tapi semua tak perlu khawatir lagi karena kandungan polifenol yang berperan sebagai antioksidan dalam daun ubijalar (Ipomoea batatas) dapat memperbaiki sistem imun atau kekebalan tubuh.Kekebalan tubuh yang terdongkrak mampu melawan virus yang menyerang tubuh.Rebusan herbal biasanya berguna jika trombositnya belum turun sekali, dibawah 50.000.

           Hasil riset menunjukkan setiap 100 gr daun ubi jalar segar mengandung 117 mg kalsium, 1,8 mg besi, 3,5 mg karoten, 7,2 mg vitamin C 1,6 mg vitamin E, 0,5 mg vitamin K, vitamin B, Betakaroten dan protein.
Hasil riset itu membuktikan bahwa daun ubijalar kaya akan kandungan 15 antosianin dan 6 jenis polifenol dan asam fenolik. asam fenolik yang terkandung seperti dicaffeoilqynat, asam dicaffeoilqynat, dan kaffeat. kandungan antosianin dan folifenol dalam daun ubujalar ini berguna sebagai antioksidan, antiperadangan, bahkan antikanker.

           Selain daun ubijalar, herba lain yang mujarab mengatasi DBD adalah daun jambu biji (Psidium guajava). Daun jambu biji mengandung aldehid, guanin,dan quercentin. Yang disebut terakhir senyawa pokok penambah jumlah trombosit.Kadar di buah jambu biji lebih sedikit daripada di daun. Kandungan di selembar daun bisa sama dengan sekilo buah.Quercentin menghambat enzim pembentukan RNA RNA berperan dalam sintesis protein. Jika pembentukan RNA terganggu, penyebab virus mati sehingga jumlah trombosit meningkat.

          Gunakan daun yang tidak terlalu tua dan muda.Jika terlalu tua flavonoid mengalami oksidasi sehingga kurang efektif meningkat trombosit.Pada daun muda flavonoid masih rendah. Flavonoid dalam daun jambu biji dan polifenol dalam daun ubujalar berfungsi sama yaitu meningkatkan kadar trombosit.

                                                                   
                                                                                                    
                                                                     Daun Jambu biji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar